Selasa, 05 Februari 2013

Jenis-Jenis Makanan Sehat Pencegah Kanker

Dalam dunia medis, kanker jenis apa pun dikatakan sebagai salah satu penyakit paling mematikan. Lebih dari seratus jenis kanker telah ditemukan oleh para ahli, dan nyatanya penyakit ini bukanlah penyakit tunggal. Kanker dapat menyebar dan menyerang bagian tubuh yang lain.
 
Namun, kebanyakan dari kita kurang memahami jika penyakit mematikan ini dapat dicegah dengan mengatur pola makan lebih sehat. Perbanyak mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran hijau dan buah-buahan yang memiliki sifat obat, sebagai pencegahan awal kanker. Berikut jenisnya: 
 
Tomat
Tomat yang kaya akan vitamin C memiliki sifat antioksidan yang berperan untuk pencegahan kanker. Buah ini dapat dikonsumsi segar atau dihidangkan dalam bentuk jus. Khasiatnya, mencegah terjadinya kerusakan sel tubuh, yang merupakan salah satu penyebab kanker. 
 
Teh
Beruntung bagi Anda penggemar teh, khususnya jenis teh hijau. Minuman hangat ini juga berfungsi sebagai antioksidan tubuh yang mampu melawan kanker. Teh hijau baik mencegah kanker kantung kemih, kanker payudara, dan kanker kulit.
 
Kol
Sayuran seperti kembang kol, brokoli, dan kubis memiliki kandungan indole 3 carbinol yang membantu melawan kanker payudara. Sayuran ini mampu mengubah hormon estrogen (hormon yang mempercepat pertumbuhan sel yang cenderung menjadi kanker) menjadi hormon pelindung.
 
Bayam
Bayam yang dikenal memiliki karotenoid sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sayuran ini juga memiliki sifat pengobatan untuk melawan kanker.
 
Bawang putih
Bawang putih digunakan sebagai senjata untuk pelindung tubuh karena antioksidan-nya yang tinggi. Tidak hanya membantu dalam membunuh sel tumor, tetapi juga melindungi komponen tubuh yang rentan kanker.
 
Jeruk
Sama seperti tomat, jeruk juga memiliki sifat melawan kanker. Buah ini tinggi akan kandungan vitamin C, beta karoten, dan asam folat yang membantu dalam menghindari kanker. 

Jamur
Jamur memiliki sifat meningkatkan kekebalan tubuh. Mengonsumsi jamur dengan cukup membantu Anda terhindar dari kanker. Jamur ini juga bekerja menghambat pertumbuhan sel tumor ganas.
 
Berry
Anthocyanin adalah senyawa yang membantu melambatkan proses penuaan, melindungi tubuh dari penyakit jantung dan kanker. Kandungan ini banyak dimiliki keluarga berry, seperti blueberry, stroberi, dan ceri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar